(Gambar : Para Pengojek di Pasar Muara Bungo kenakan Rompi dari BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo. -Foto: dok bpjs kesehatan bungo)
LAMPUKUNING.ID, MUARA BUNGO – Rasa kepedulian Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terhadap warga masyarakat tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari, hal itu terlihat dari kegiatan BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo yang membagikan rompi kepada para tukang ojek yang dilaksanakan di seputaran pasar Muara Bungo, Jum’at (01/08/2025).
Hal tersebut merupakan bentuk komitmen BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo yang terus berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada warga masyarakat salah satunya dengan cara mengingatkan untuk hidup sehat, sekaligus memberikan informasi tentang program Rencana Pembayaran Bertahab (REHAB).
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina,mengatakan pembagian rompi ini bukan sekadar simbol atau seragam semata, tetapi merupakan bagian dari upaya BPJS Kesehatan untuk mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan serta memberikan informasi penting kepada masyarakat, khususnya mengenai Program REHAB atau Rencana Pembayaran Bertahap yang memungkinkan sistem cicilan bagi peserta JKN yang memiliki tunggakan iuran.
“Kami menyadari bahwa masih banyak masyarakat yang masih kesulitan melunasi tunggakan iuran. Program REHAB dapat membantu mereka tetap mendapatkan perlindungan jaminan kesehatan tanpa harus melunasi seluruh tunggakan secara sekaligus,” sebut Asfurina.
“Kami memilih rekan-rekan tukang ojek sebagai mitra dalam menyebarkan informasi ini karena mereka adalah bagian penting dari ekosistem masyarakat sehari-hari. Mereka berinteraksi langsung dengan banyak orang, dan sering kali menjadi tempat bertanya atau sumber informasi bagi warga. Dengan mengenakan rompi yang mencantumkan pesan tentang kemudahan membayar iuran melalui REHAB, rekan-rekan ojek secara tidak langsung turut serta menjadi agen edukasi sosial,” tuturnya.
“Kami berharap masyarakat yang melihat informasi pada rompi ini dapat menjadi lebih sadar dan tergerak untuk segera mengaktifkan kembali kepesertaan mereka melalui Program REHAB. Keikutsertaan aktif dalam program JKN bukan hanya bentuk perlindungan diri, tetapi juga kontribusi terhadap keberlanjutan sistem jaminan sosial nasional,” harap Asfurina Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo.
Sahrial, salah satu tukang ojek yang menerima rompi mengungkapkan kesannya terhadap kegiatan positif tersebut. Ia mengaku awalnya tidak mengetahui adanya program REHAB sebelum mendapatkan rompi.
” Selain mendapatkan rompi yang bisa digunakan untuk bekerja, kami juga jadi tahu bahwa iuran BPJS yang menunggak bisa dibayar secara bertahap melalui Program REHAB. Ini informasi penting yang harus masyarakat tahu. Dengan adanya informasi di rompi ini, saya berharap penumpang yang membaca bisa lebih sadar akan pentingnya menjaga keaktifan BPJS. Kami siap membantu menyebarkan informasi ini ke masyarakat,” ujar Sahrial.
REHAB adalah program BPJS Kesehatan yang dirancang untuk membantu peserta yang menunggak iuran. Program ini memberikan kemudahan bagi peserta yang memiliki tunggakan lebih dari 3 bulan untuk melunasi tunggakan mereka dengan cara mencicil, bukan membayar sekaligus. Pendaftaran program REHAB dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN atau datang ke kantor langsung.(*)